Science & Technology

Perkembangan Iptek Indonesia 1960-1970

Periode 1960-1970 merupakan babak penting bagi perkembangan Iptek di Indonesia dan merupakan momentum bagi penguasaan iptek Indonesia pada dekade-dekade selanjutnya — bahkan hingga kini. Selain itu, pergeseran kekuasaan dari order lama ke orde baru dan seumur jagungnya Republik Indonesia menyebabkan berubahnya posisi iptek yang dimaknai oleh penguasa order lama dan order baru. Secara umum, pada orde baru Indonesia mencoba untuk bisa catch-up pada iptek bangsa Eropa yang sudah maju, terutama berdirinya LIPI yang langsung menginisiasi iptek nasional. Namun tentunya, ada beberapa masalah utama seperti tenaga peneliti yang tidak diberdayai dan biaya riset yang masih kecil.


Materi ini disajikan pada Forum Iptekin, LIPI, pada tanggal 8 Oktober 2020.

Periode 1960-1970 merupakan babak penting bagi perkembangan Iptek di Indonesia dan `merupakan momentum bagi penguasaan iptek Indonesia pada dekade-dekade selanjutnya — bahkan hingga kini. Selain itu, pergeseran kekuasaan dari order lama ke orde baru dan seumur jagungnya Republik Indonesia menyebabkan berubahnya posisi iptek yang dimaknai oleh penguasa order lama dan order baru. Secara umum, pada orde baru Indonesia mencoba untuk bisa catch-up pada iptek bangsa Eropa yang sudah maju, terutama berdirinya LIPI yang langsung menginisiasi iptek nasional. Namun tentunya, ada beberapa masalah utama seperti tenaga peneliti yang tidak diberdayai dan biaya riset yang masih kecil.
Materi ini disajikan pada Forum Iptekin, LIPI, pada tanggal 8 Oktober 2020.

1 Comment

  1. pubiway

    February 14, 2021 at 18:08

    Terimakasih sudah merangkum perkembangan iptek khususnya dibawah tahun 70an ini. Semoga juga di pemerintahan sekarang perkembangan iptek terlebih menjelang 5G bisa kita ikuti dengan cepat tanpa harus ketinggalan jauh dengan negara negara seberang dan di asia.

Leave a Reply