GS Indraprahasta et al (2020), Pengembangan Ekosistem Industri Game yang Kolaboratif, P2KMI-LIPI

1. Pasar game di level global dan nasional semakin meningkat, bahkan dengan hantaman pandemi covid-19. Namun, industri game lokal belum menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan dominasi para pemain global. Secara lebih khusus, selama 5 tahun terakhir terjadi stagnasi penguasaan pasar domestik oleh para pemain lokal. 2. Kebijakan dan program yang sudah ada cenderung berjalan parsial dan terjadi tumpang tindih (inefisiensi) serta belum adanya arah yang sama dalam bergerak (inefektivitas). 3. Perbaikan ekosistem sangat diperlukan melalui peningkatan kolaborasi antar-aktor terkait, baik antar-Kementerian maupun antara Kementerian dengan para pelaku usaha. Sebagai langkah awal diperlukan strategi bersama (rencana aksi jangka menengah) dimana para aktor terkait bisa saling mengisi, baik dengan program-program eksisting maupun program-program baru yang dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *