Travel/Culture

5 Tempat Makan Favorit di Ujung Berung

Setiap pulang rumah ke Bandung (dibaca Ujung Berung), saya pasti diam dirumah. Itu pasti. Tapi kadang juga, untuk sekadar bernostalgia menginat-ngingat masa SMP dan SMA, saya akan keliling keluar. Ada tempat baru, juga ada yang dari dulu sudah berdiri. Tempat favorit tentunya tempat makan, berisi nostalgia bersama teman-teman dulu.

Saat ini ada beberapa tempat yang saya rekomendasikan. Enak, sih, pasti. Tapi selain itu, favorit saya dikala libur. Ini dia daftarnya.

1. Ampera

Berlokasi di seberang Pom Bensin SD Andir, mungkin tidak akan ada yang mengira ada warung nasi ampera disini. Terlebih Ampera Ujung Berung menggunakan bangunan (rumah) yang relatif kecil. Selain enak, seperti kebanyakan masakan sunda lainya, warung ini menyediakan makanan yang bisa dihangatkan. Jadi sangat enak makan makan diwaktu hujan. saya berikan nominasi pada warung ini sebagai Warung Nasi Ampera Terkecil di Dunia.

2. Bakso Oyen

Ini katanya cabang oyen(asli) dari jalan sukajadi. Baksonya enak dan Es (Oyen), tentunya, sangat enak. Seperti ampera, cabang Bakso Oyen disini juga kecil. Kenap, sih, kalau buat cabang di Ujung Berung suka kecil. Kan, Sedih.

3. Bakso Kabayan

Dulu warung makan ini legend banget. Berlokasi di belakang alun-alun, tepatnya pinggir SMPN 8 Bandung, Bakso Kabayan sering ramai di pulang jam sekolah. Banyak yang suka nongkrong sambil makan bakso. sayangnya bakso disini mesti bayar cash, tidak bisa ngutang.

4. Warung Upnormal

Tempat nongkrong barung di sebrang alun-alun Ujung Berung. Buka sampai tengah malam, Warung Upnormal menyajikan makanan sederhana nan gaul. Indomie disulap jadi makanan yang layak disaji. Maklum saja, sebagai mantan anak kos,  Indomie sangat identik dengan kesengsaraan diakhir bulan.

5. Bakso Boedjangan

Kalau dari arah Bandung, lokasi Bakso Boedjangan berada di sebelah kiri sebelum pom bensin SD Andir. Ini termasuk tempat makan baru, sama seperti Warunk Upnormal. Baksonya lebih kekinian dibanding Bakso Kabayan. PEngunjungnya lebih rame. Mungkin karena baksi yang disajikan disini lebih variatif.

Leave a Reply