Travel/Culture

Rumah Kopi Sibu-Sibu Ambon : Kopi Jalur Rempah

Kopi adalah minuman yang jeneral. Semua orang, dimanapun, dapat menikmati kopi. Bedanya adalah khas tiap kopi bisa jadi berbeda sesuai dengan geografis.Seperti di  Ambon, yang sejak dulu sudah kaya akan hasil poduksi rempah-rempah, kini puna rasa kopi yang khas. Seperti di Rumah Kopi Sibu-Sibu ini.

Kopi Sibu-Sibu terletak di tengah kota Ambon, tepatnya dekat tugu trikora atau kawasan gong perdamaian. Di sepanjang jalan itu, banyak juga rumah-rumah kopi, namun saya belum bisa berkesempatan untuk mencicipinya satu per satu.

dscn2791

Kopi Sibu-Sibu yang Ramai

Rumah kopi ini didesain dengan aroma wong ambon yang kuat. Di dinding dihiasi oleh  penyanyi dan pemain bola legenda ambon. Konon katanya lagu-lagu ambon yang diputar disini langka-langka loh.

img_9976

Kopi dengan kenari dan aroma rempah yang kuat

Walaupun tidak begitu luas, cafe ini terdapat stage khusus live music. Tapi sayangnya ketika kita kesana tidak sedang ada musik yang didengangkan. Kata kerabat sih, agak sore akan didendangkan musik jazz atau musik khas ambon. Nikmatnya minum kopi sambil mendengarkan musik jazz, bukan?

img_9978

Kopi Sibu-Sibu dengan Es

Kopi sibu-sibu menyajikan berbagai macam makanan, seperti minuman, roti, dan nasi goreng. Namun yang paling khas disini tentunya adalah kopi. Kopi sibu-sibu dapat disajikan panas atau dingin. Kopi yang paling populer bukanlah kopi sibu-sibu, tetapi kopi Rarobang. Kopi Rarobang adalah kopi yang disajikan dengan  biji kenari. Rasa dan aroma jahe dan pala begitu kental. Sehingga bila disajikan dingin, rasa kopi akan tertutupi oleh rasa rempah yang begitu kuat

 

Leave a Reply