Science & Technology

Membuka Aplikasi Android di China

Sudah empat tahun google sudah diblock oleh pemerintah china (CNN*), dan banyak aplikasi lainya, seperti facebook dan instagram. Tapi sebagai orang Indonesia yang sering menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut rasanya sangat menganggu apabila sedang melancong di china. Contohnya adalah aplikasi gmail yang notabenya adalah buatan google, sangat mengganggu saya terutama dalam pekerjaan. Sehingga saya harapkan cara menggunakan VPN bukan suatu kejahatan.

Saya mencoba beberapa aplikasi VPN dengan cara mendownload apk dari website third party tapi  menemukan titik terang. Kebanyakan saya menumkan dua masalah, pertama adalah memang aplikasinya sudah diblock dan yang kedua aplikasinya berbayar. Selain itu pertimbangan lainya adalah masalah keamanan, karena aplikasi kita download dari website yang belum tentu aman.

Akhirnya saya menemukan solusi dari sebuah aplikasi. Namanya adalah Turbo VPN. Saya tidak akan mereferensikan dimana saya bisa mendownload, tapi bisa dicari dibanyak website. Rekomendasi saya adalah sebelum tiba di China, aplikasi trsebut sudah terpasang melalui google play.

Caranya sangat mudah sekali, tinggal tap sekali untuk melakukan koneksi, secara otomatis akan menghubungkan ke VPN negara tertentu. Apabila tidak terhubung bisa repair di tombol kanan atas. Fungsinya adalah untuk menghubungi VPN negara tercepat.

Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik ketika saya di China selama seminggu. Silakan tinggalkan komentar untuk mereferensikan aplikasi lain.

source :

*http://money.cnn.com/2012/11/09/technology/google-china-blocked

** image source : chinarush.com

Related Post

Leave a Reply