Travel/Culture

Makanan Ringan Favorit Khas Ambon

Datang ke Ambon merupakan hal yang ditunggu-tunggu, terutama untuk mencicipi makanan-makanan khas negeri surga rempah tersebut. Ketika datang dan disambut dengan baik oleh keluarga tante Mina di Laha, saya kepincut dengan makanan yang disajikan. Terus datang mengelilingi Ambon, juga menemukan makanan enak yang belum tentu ditumukan di Jakarta. Yuk, ini adalah makanan favorit selama di Ambon yang sangat direkomendasikan bagi pelancong yang singgah disini :

1. Sagu Manis

img_9913

Sagu Manis Khas Ambon

Saya kira sagu yang bentuknya seperti ini teksturnya akan keras dan akan sulit dimakan tanpa teh hangat. Tapi ternyata tidak karena sagu ini tidak dijemur. Rasanya memang hambar dan agak alot, tapi enak dimakan bersamaan dengan gula merah yang ditaruh diatasnya.

Sagu ini enak loh disantap pagi-pagi degan ditemani secangkir kopi dan memangdang ombak di teluk ambon yang melambai-lambai.

2. Gogoh

img_9918

Gogoh, kita biasa dengar sebagai lemper

Inilah gogoh. Atau di Jakarta biasa disebut lemper. Matang karena dibakar. Tidak ada yang spesial sih, cuma saja rasanya lebih enak, menurut saya. Gogoh disadingkan dengan Sagu pun tidak masalah. Untuk sarapan pun oke. Terlebih harganya yang murah dan banyak dijual di Kota Ambon, bisa dijadikan pilihan utama buat para pelancong yang ingin makan simpel dan enak dipagi hari.

3. Kue Ampas Tepung

img_9914

Kue Ampas Tepung

Saya belum pernah melihat tepung punya ampas. bentuknya seperti apa dan dijual dimana (kalau di Jakarta). Tapi Ampas tepung patut dicoba. Buat oleh-oleh pun sangat layak kok. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kasar, akan pas dilidah kebanyakan orang.

Harganya pun murah. Jadi tidak akan menguras kalau dijadikan oleh-oleh. Kue Ampas Tepung ini biasa dijual di pasar-pasar tradisional di Ambon.

4. Onbekuk

img_9915

Onbekuk, kue Belanda yang tertinggal di Ambon.

Onbekuk mungkin berasal dari  kata bahasa belanda : onbijtkoek. Artinya kue sarapan pagi. Di belanda sana dibuat dari gandum manis yang kaya akan rempah.  Mirip sekali dengan di Ambon ! Hanya saja, kita bisa melihat di Ambon dengan biji-biji kenari yang menempel dibagian atasnya

Leave a Reply