Travel/Culture

Auditorium LIPI : Gedung Pernikahan Termurah di Gatot Subroto Jakarta Selatan

img-20161105-wa0003

Dalam Gedung, Persiapan dekorasi

Pernikahan menjadi momen yang paling penting dalam hidup. Sehingga segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang. Salah satu hal yang menjadi amat penting adalah gedung tempat pernikahan. Pertimbanyanya adalah kapasitas parkir, lokasi yang strategis, fasilitas, dan biaya.

Terutama yang berlokasi di Jakarta, pertimbangan akses yang bebas dari kemacetan dan dekat dengan jalan tol menjadi pertimbangan serius. Salah satu tempat strategis adalah gedung-gedung di jantung kota Jakarta, yaitu Jalan Jendral Sudirman dan Gatot Subroto. Akses menuju daerah tersebut dangat mudah dan cenderung lancar jaya di akhir pekan. Namun sayangnya biaya sewa di gedung  sana amatlah menguras isi kantong.

Gedung yang menjadi pilihan utama saya dengan kocak pas-pasan namun menginginkan tempat terbaik di Jl. Jendral Gatot Subroto, Jakarta Pusat, adalah gedung Lembaga Ilmu Pegetahuan Indonesia (LIPI) Pusat. Gedung yang beralamatkan di Jl. Gatot Subroto No.10 ini memiliki fasilitas yang baik dan nyaman. Berikut adalah catatan saya :

  1. Lokasi strategis, berada di tengah tengah jalan kuningan dan mampang. Akses dari cawang dan grogol. SElain itu bisa dengan mudah dilalui TOL, terutama dari cikampek.
  2. Jalanan relatif lancar, kecuali dari arah cawang depan SMESCO sering macet karena ada event atau pernikahan
  3. Kapasitas hingga 2000 orang tamu, bahkan bisa menggunakan lobi.
  4. Tidak ada rekanan katering, kita bisa memilih katering manapun.
  5. Saya menyewa gedung itu hanya dengan biaya 7,5 juta rupiah (November, 2016)
  6. Kapasitas parkir luas.
  7. Bisa menggunakan fasilitas masjid dan mess.
img-20161105-wa0000

Pintu menuju Audotirium

Namun kelemahanya adalah biaya 7,5 juta rupiah diperuntukan bagi pegawai LIPI. Jadi apabila punya kerabat atau saudara yang bekerja disana bisa kita manfaatkan (Biaya normal sebesar 15 juta rupiah). Biaya tersebut belum biaya keramaian (500ribu) dan tips buat keamanan, cleaning, dna operator.

Karena gedung ini sebenarnya tidak diperuntukan khusus untuk pernikahan, jadi kita harus mempersiapkan panitia dengan matang. Di hari H, petugas gedung yang bertugas hanya enam orang (2 operator, 4 celaning, belum dihitung dengan keamanan.

Dalam proses booking pun, walau LIPI sudah memiliki sitem online, kita harus mempersiapkan surat pernyataan peminjaman gedung ke Kepala Biro Umum LIPI. Tapi persyaratan itu relatif mudah dan dipermudah.

img-20161105-wa0045

Alhamdlilah lancar

Secara umum saya menggunakan fasilitas di Gedung LIPI sangat memuaskan. Selain menghemat anggaran, juga undangan tidak perlu capek-capek nyasar cari lokasi. Siapapun bisa menggunakan gedung ini dengan mengunjungi Biro Umum LIPI, Gedung A LIPI lantai 4 (Ibu Eshter).

Leave a Reply