Travel/Culture

Batu Kuda, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Manglayang

Tidak begitu jauh dari pintu tol Cileunyi, sekitar dua puluh menit naik ke atas dari jalan raya percobaan cileunyi,  kita sudah sampai ke Batu Kuda. Agak susah untuk mencapai lokasi ini karena petunjuk arah yang minim, terutama dari jalan protokol. Adapun petunjuk arah, itupun hanya terbuat dari kayu yang dicat.

380168fb-43b5-4ed5-a56d-e55908f38f75

Pohon yang rindang, tempat terbaik untuk mengasingkan diri dari hiruk pikuk Bandung

Nama Batu Kuda merujuk pada sebuah batu ang mirip kepala kuda. Ada beberapa versi cerita rakyat yang berhubungan pada batu tersebut. Batu kuda merupakan salah satu pos pertama untuk mendaki Gunung Manglayang. Walaupun hanya pintu menuju puncak, namun panorama alam yang disajikan tidak kalah menawan. Dipenuhi pohon-pohon pinus yang tinggi dan reremuputan yang hijau memberikan nilai tambah untuk mencari lokasi strategis mengalihkan perhatian di hiruk-pikuk Kota Bandung.  Selain itu biaya masuk yang murah bisa dijadikan pertimbangan untuk menyempatkan waktu ke Batu Kuda, seorang hanya dikenakan tarif Rp 8.000 (belum parkir).

Akan tetapi, disamping panorama yang indah, terdapat beberapa hal kekurangan yang perlu anda pertimbangi untuk melancong ke lokasi ini, seperti :

  • Akses yang minim. Tidak adaknya transportasi publik yang langsung menuju lokasi Batu Kuda sehingga sangat disarankan membawa kendaraan pribadi.
  • Jalan yang sukar. Harus melewati perkampungan warga. Sebenarnya ada beberapa akses selain yang disebutkan diatas, seperti lewat Cipadung (sangat cocok untuk pengunjung yang langsung dari Kota Bandung), namun sukar untuk diingat.
  • Kondisi jalan buruk. Beberapa titik jalan berlubang. Bahkan dari pos menuju tempat parkir harus melalui jalanan berbatu yang besar dan mendaki.
  • Petunjuk jalan minim.

Apabila bagi anda hal-hal tersebut bukanlah masalah, maka direkomendasikan bagi anda untuk berkunjung ke Batu Kuda. Bagi saya, kekurangan tersebut sangat bisa ditolerir mengingat ketika sudah sampai akan terbayarkan semua jerih payah yang ada.

dcf10145-a7d9-4bfe-989b-b0f906c8b913 (1)

Rumput yang hijau nan indah. Cocok untuk dijadikan lokasi kemping.

Mengingat Batu Kuda bukanlah objek wisata unggulan, Batu Kuda bisa dijadikan wisata alternatif untuk para pelancong yang sudah bosan lokasi wisata Bandung yang itu-itu saja.Tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda untuk melancong di lokasi wisata yang sepi namun nyaman. Terlebih-lebih, Batu Kuda ini – apabila ingin –  bisa dijadikan tempat berkemah di bawah kaki gunung Manglayang yang rimbun.

Leave a Reply