Science & Technology

Apa itu Mendeley?

Sebagai peneliti, mahasiswa, atau saintis pastinya sudah familiar dalam penulisan karya tulis ilmiah (KTI). Dalam penulisan KTI sering kali kita dihadapkan dalam kendala. Kendala tersebut tidak selalu masalah substansi, tetapi masalah-masalah yang kadang kita anggap sepele namun amat penting. Misalnya format penulisan dan referensi ilmiah.

Adalah Elsevier yang membuat sebuah solusi dalam bentuk perangkat lunak, yaitu Mendeley. Sebuah perangkat lunak gratis  yang diperuntukan untuk mengelola, membagi, dan mencari karya tulis ilmiah. Mendeley teredia dalam bentuk web, desktop, dan aplikasi. Ketiganya bisa terintegrasi dalam satu pekerjaan penelitian baik perseorangan maupu kelompok. Sehingga sebagai sebuah perangkat, Mendeley dapat berfungsi sebagai :

  • Mengekstraksi Otomastis Detail Dokumen. Kesalahan penulisan bisa terjadi apabila dokumen referensi yang digunakan diketik secara manual. Ketika dokumen referensi diupload dalam library database , semua informasi (judul, penulis, abstrak, dll) sudah terkstrak secara otomatis.
  • Asisten Pribadi dalam Pengelolaan KTI. Setiap vesebuah KTI yang anda baca, lalu anda save. Bisa saja hilang, atau sulit ditemukan. Mendeley dapat menyimpan KTI yang anda baca langsung melalui plugin browser atau dari gadget, lalu membantu mengorganisitnya. Setelah tersimpan di library database, pengguna akan dengan mudah mencarinya, baik dari judul, kata kunci, atau penulis.
  • Kerja Bersama.  Dalam sebuah proyek penelitian yang dikerjakan bersama. Pengguna dapat membagikan dan mensinkronisasi KTI dengan pengguna lain.
  • Backup Perpustakaan. Semua referensi yang sudah dibaca dan catatanya, tentunya yang sudah terupload di library database adalah sebuah backup dari referensi karya anda. Semuanya dapat diunduh melalui web Mendeley, walau anda menyimpanya di aplikasi desktop.
  • Membentu Penulisan Referensi. Melalui Addons dalam software pengelolaan tulisan, seperti MS. Word dan LibreOffice. Penulis dapat dengan mudah menulis referensi dalam berbagai format dan dapat mengubah ke format lain dalam satu waktu.

 

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Elsevier

https://en.wikipedia.org/wiki/Mendeley

http://support.mendeley.com/customer/en/portal/articles/227875-what-is-mendeley-

Leave a Reply