Travel/Culture

5 Cafe Favorit di Banda Naira

Nyatanya Banda Naira bukanlah kota besar. Disini hanyalah pulau sebesar kecamatan saja. Tidak begitu banyak makanan yang tersedia disini. Bahkan Banda Naira akan sepi apabila matahari sudah terbenam. Tetapi bukan berarti Banda Naira tidak memiliki tempat makan enak dan nyaman. Setidaknya disini adalah daftarnya.

1. Rumah Makan Nusantara
Lokasinya dekat dengan pelabuhan. Apabila keluar dari pelabuha, langsung belok kanan menuju pasar, kita bisa menemui Rumah Makan Nusantara di jalanan sebelah kanan, tepat sebelah Spice Island Cafe.

Sesuai namanya rumah makan ini menyajikan berbagai macam makanan nusantara (plus bir). Harganya relatif murah, makanan dimulai dari 20rban dan minuman 10rban. Saya mulai percaya pada sebuah guyonan : “Coba saja, semua ikan di Banda itu enak, walau belum dimasak”. dan itu benar. Enak — tapi satu ini dimasak matang dengan bumbu.

2. Nut Meg Cafe
Saya coba makan ikan merah bakar. Harganya Rp 40.000 untuk satu porsi tapi kami makan berdua, karena ikanya lumayan besar. Bumbunya enak dengan sambal cabai bening. Enak sekali dan segar. Karena ikan bakar disini benar-benar dibakar dari ikan segar — bukan ikan goreng yang dibakar. Jadi hampir 45 menit kami menunggu makanan hingga siap disajikan. Sampai kami mengantuk dan insomnia.

3. Ikan Bakar depan Kantor Pelni
Lokasinya depan kantor Pelni dekat Istana Mini. Warung disini tidak punya nama, hanya warung-warung dengan bangunan bambu. Tapi layak untuk dicoba. Kami memesan ikan terbesar yang dia punya seharga Rp 50.000. Kami habiskan berdua dan kekenyangan.

4.Spice Island Cafe
Inilah kafe tergaul yang pernah kami temui di Banda Naira. Dibuat oleh penduduk lokal bernawa Nazwar dan tunangan bule-nya, Elisa. Cafe kecil ini bergaya hawaii dengan makanan kekinian. Tapi tunggu, harganya relatif murah, hampir sama dengan restoran Nusantara. Nasi goreng dan Nasi-ikan-telur nya enak. Sirup pala apalagi. Ditambah cafe ini dipastikan cafe pertama yang kita bakal temui dari pelabuhan apabila kita jalan ke arah sebelah kanan dari pelabuhan.

5. Cilu Bintang Hotel
Walaupun ini adalah hotel, jangan heran banyak tamu dari hotel lain sengaja makan disini. Ini adalah Cilu bintang yang menyediakan makanan paling lezat se-Banda Naira. Harga Buffe 99k IDR/orang, kita bisa menyantap makanan-makanan lokal bergaya eropa.

Leave a Reply