Science & Technology

[Journal Points] Think tank: A Case of Australia

Siapa mereka? Siapa yang menjalankannya? Siapa yang mendanai mereka? Seberapa bertanggung jawab mereka dan seberapa besar pengaruh yang mereka miliki? Robert Milliken melaporkan penyelidikannya yang luas terhadap badan-badan ini yang semakin menetapkan agenda bagi pemerintah

  • Dalam beberapa kasus (Seperti Angle Markel yang menyatakan tentang serangan Rusia atas Ukraina berdasarkan dari salah satu Think Tank di Australia, Lowy INstitute for International Policy) menyebabkan berkembankya pengaruh think tank di kehidupan bermasyarakat Australia.
  • Salahs satu penghargaan terbaik bagi think tank adalah tidak hanya membuat pemimpin dunia berbicara, tetapi membuat pidato/ucapan yang mempengaruhi secara global.
Think Tank di Australia

  • Michael Wesley mengestimasi sebanyak 100 Think Tank di Canada, 200 di Britania Raya, dan 10.000 di Amerika.
  • Definisi yang tepat tentang Think Tank bisa menjadi cair, namun Think Tank membuat Washington DC (Amerika Serikat) sebagai kota ide dimana ibu kota lainnya belum tentu seperti itu.
  • Allan Gyngell (the inaugurual head of the Lowy Institute) meragukan bahwa universitas dapat melakukan peran sebagai Think Tank. Hal ini karena, dalam dunia akedemis, berorientasi dalam pengajaran dan penulisan jurnal. Bagi akademisi, tiada manfaat untuk pergi dan terlibat dakam sebuah konfrensi, menulis artikel, bicara pada orang-orang, menanam benih dalam kebijakan yang mungkin menumbuhkan sesuatu.
  • Di Australia, Australia Instintute merupakan Think Tank terbesar dan The Royal United Services Institute (RUSI) merupakan Think Tank tertua di dunia pada tahun 1831.
  • Modern Think Tahnk dimulai di Amerika pada tahun 1916 ketika Robert S. Brookings menolong Brooking Institutions sebagai institute swasta untuk melakukan analisa ilmiah dati masalah kebijakan publik
  • Gynell mengidentifikasi terdapat tiga buah karakteristik dari Think Tank, yaitu 1) mereka bukan badan yang mencari keuntingan (not-for-profit bodies) 2) salah satu peran utama mereka untuk melakukan penelitian kebijakan publik 3) Dan, berkontribusi dalam debat publik

Tulisan ini merupakan rangkuman dari Special Report : An Incisive guide to Australia`s think tanks, Anne Summers

Leave a Reply