Other

Burung Indonesia

Indonesia sudah dikenal sebagai negara dengan keberagaman hayati yang luas. Salah satunya adalah keberagaman burung yang merupakan terbesar keempat di dunia setelah Kolombia, Peru, dan Brazil [1]. Artinya, Indonesia memiliki keberagaman paling baik diantara seluruh negara-negara Asia, Afrika, Australia, dan Eropa. Secara statistik, Indonesia memiliki 1771 jenis burung pada tahun 2018 dimana 513 spesies diantaranya merupakan endemis [2]. Jumlah burung tersebut berkembang pada tiap tahunnya, salah satunya dengan penemuan spesies-spesies baru, seperti burung endemis baru bernama Myzomela irianawidodoae dari pulau Rote NTT oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di tahun 2018 [3].

Infografis Status Burung Indonesia 2018 [2]

Namun sayangnya, jumlah tersebut tidak menggambarkan apresiasi kita terhadap pemberian Tuhan yang berharga ini. Saat ini burung yang terancam punah tidak lah sedikit dimana 437 jenis burung terancam punah, yang berarti sekitar 24% spesies burung yang tersebar di Indonesia hidupnya memprihatinkan.

Menurut hemat saya, ada beberapa hal yang tampak jelas mengapa burung di Indonesia begitu memprihatinkan, yaitu rusaknya lingkungan hidup burung-burung tersebut, perburuan dan pembunuhan ilegal, serta komersialisasi burung-burung untuk dipelihara. Satu-persatu masalah tersebut akan saya tulis di artikel berbeda.

Referensi

[1] https://alamendah.org/2015/01/13/jumlah-spesies-burung-indonesia-peringkat-ke-4-dunia/

[2] burung.org

[3] http://lipi.go.id/berita/mengenal-myzomela-irianawidodoae-jenis-burung-baru-dari-pulau-rote-ntt/19812

Leave a Reply