Science & Technology

Mcdonalisasi : Sistem yang Merubah Dunia

Mungkin agak janggal dan aneh apabila kita mendengar frasa Mcdonalisasi atau Mcdonalization karena kata itu berasal dari kata Mcdonald`s yang jelas merupakan sebuah merek dagang restoran cepat saji. Tapi kata itu menjadi sangat relevan setelah saya membaca buku di bab pertama karya Ritzer G pada tahun 2006 dengan judul McDonaldisation: The Reader.

Hal pertama yang mendasari Mcdonalisasi adalah fenomena restoran ini yang berkembang pesat ke seluruh dunia. Saya tanpa perlu menyajikan data, semua orang akan setuju bahwa perkembangan perusahaan ini sangat masif. Dimana-mana, tiap kota, bahkan kota kecil pun sudah mempunyai restoran ini.

Sistem bisnis yang begitu brilian yang digunakan Mcdonald`s  membawa Ritzer G meneliti lebih dalam fenomena ini. Bahkan menurutnya Mcdonald`s telah menjadi ikon Amerika yang melebihi Amerika itu sendiri. Dalam hitungan tahun cabang perusahaan berada dimana-mana dan telah diikuti oleh berbagai macam perusahaan seperti KFC, Wendys, Starbucks, dan Burger King. Tidak hanya restoran berharga murah, namun yang high end pun mengadaptasi sistem ini, bahkan industri lain seperti industri fashion seperti H&M dan banyak lainnya.

Ada empat hal yang menjadi dimensi dari Mcdonalisasi, diantaranya

  1. Efficiency

Efisiensi maksudnya adalah optimalisasi dalam melakukan bisnis. Model bisnis ini adalah bagaimana melayani sesingkat mungkin. Dengan pelayanan yang lebih pendek, memungkinkan daya yang dikeluarkan perusahaan akan semakin minim. Salah contohnya adalah bagaimana McDonald`s menyajikan sambal dan sedotan sendiri atau Drive True yang  memungkinkan penjualan lebih cepat dan efisien.\

2. Calculability

Semua harus diperhitungkan dan ter kuantitaskan. Karena Mcdonalisasi cenderung mengoperasikan puluhan ribu restoran mereka harus menyiapkan berapa jumlah kentang dalam satu porsi, pelayanan dalam kasir, lama masak, dan lain halnya yang dapat diperhitungkan. Satu orang biasanya memiliki pekerjaan tertentu agar pelayanan ini maksimal. Olah karenanya kuantitas dalam restoran cepat saji lebih disetarakan pada kualitas, sepeti adanya ‘BigMac’ bukan ‘DeliciousMac’.

3. Predictability

Sistem ini menunjuk untuk proses bisnis berjalan dengan dapat terprediksi. Agaknya ini serupa dengan Calculability sehingga kita sering menemukan semua menu Mcdonald`s di satu restoran pasti akan sama rasanya walau di restoran lain walau berbeda sumber daya yang memasak dan menyajikan.

4. Control Through Nonhuman Technology

Ini seperti sebuah keharusan dalam hampir semua industri saat ini dimana peran manusia lambat laun tergantikan oleh kontrol mesin. Proses Deskilled sumber daya manusia memungkinkan proses memiliki lebih sedikit risiko gangguan dan lebih mudah dalam skala manajerial.

Namun diantara kelebihan yang memungkinkan muncul dari empat dimensi diatas seperti ketersediaan lapangan pekerjaan, transfer dan difusi teknologi, penyeragaman budaya, ternyata ada kekurangan yang bisa dibilang krusial dalam Mcdonalisasi, yaitu The irrationality of Rationality.

Maksud dari The irrationality of Rationality adalah sistem Mcdonald`s yang sangat rasional ini membawah pada hal-hal yang tidak rasional. Hal yang paling mencolok adalah dampak lingkungan, seperti kebutuhan akan kentang yang begitu besar menuntut pembukaan lahan untuk perkebunan kentang dimana agar mencapai panen yang melimpah mereka menggunakan bahan-bahan kimia. Selain itu adalah proses calculability Mcdonald`s menyebabkan banyak kentang-kentang itu terbuang percuma karena tidak semua kentang  masuk dalam kriteria mereka. Ketidakrasionalan lainnya adalah proses dehumanisasi dari bisnis yang tercipta karena mesin menyebabkan industri ini tidak menyerap banyak tenaga kerja.

Namun perlu kita sadari bahwa Mcdonalisasi adalah salah satu bentuk lain dari globalisasi yang mau tidak mau kita harus menghadapinya. Hal terpenting bagi masyarakat Indonesia adalah melakukan adaptasi sistem ini untuk mengambil kesempatan dalam kompetensi dunia.

Source : Ritzer, G. (2006) An Introduction to McDonaldization. In Ritzer, G. (ed) McDonaldisation: The Reader, Thousand Oaks, Calif.: Pine Forge Press: 4-25

image : https://www.news4jax.com/news/mcdonalds-employee-body-slams-customer-who-threw-milkshake-at-her

Leave a Reply