Science & Technology

Developing Presentation Skill for Researcher

Pada tanggal 25 Januari 2016, bertempatkan di Pappiptek-LIPI, telah diadakan workshop untuk menembangkan kemampuan presentasi untuk peneliti. Workshop ini deselenggarai oleh Pappiptek-LIPI dan Dr. Tayloy Noel Moore dari Australia.

Kriteria dalam suksesnya presentasi adalah pastikan menggunakan gambar dan grafik yang jelas dan mudah untuk dibaca. Pemilihan warna menjadi hal yang penting, karena salah memilah dapat membuat orang mengerutkan dahi untuk membaca. “Clarity is better than Creativity,” ujar Noel.

Selain itu adalah Speaking Skill. Kata kunci utamanya adalah Think before you speak, do nont speak too fast, practice prononciation of difficults words, speak to all parts of the room, if nervous take deep breath, do not shut you eyes. Karena kemampuan dalam bicara menentukan dalam tertarik tidaknya audiens terhadap materi kita, selain itu adalah faktor dominan dalam menilai dari presenter itu sendiri.

Pada sesi ini Dr. Noel banyak memberikan contoh slide dengan mempersilakan audience untuk menilai : apa yang salah dari slide ini? Hal ini menarik audiens untuk menganalisa dan menilai diri sendiri, terutama dalam hal-hal kecil yang rupanya sering banyak orang lakukan.

Leave a Reply