Travel/Culture

Bertualang Mencari Restoran Halal di Ningbo

Makanan halal sudah menjadi masalah utama ketika kita melancong di tempat yang mayoritas non-muslim. Apalagi di tempat dimana makanan lokal syarat akan babi dan alkohol. Seperti China. sebagai negara yang menyajikan makanan lezat namun tidak halal, orang muslim harus sangat selektif dan menahan godaan untuk makan disana.

Oriental Restauran Nampak Depan

Hal itu dialami oleh saya dan rekan-rekan melayu yang sedang bekerja sepekan di Ningbo, China. Masalah makanan ini membuat kami harus menyita waktu kerja  untuk berpetualang mengeksplorasi Ningbo untuk menemukan restoran halal yang layak dikonsumsi.

Menuju Oriental Restauran halal

Koki berhijab sedang membuat adonan roti

Menuju restauran ini sangatlah mudah. Dengan Ningbo Rail Transit (mirip subway) menuju shelter Gulou. Di halte ini keluar menuju pintu Zhongsha West Road. Dari pintu tersebut hanya sekitar 100 meter untuk menuju sebuah market dengan sebuah kuil oranye didepanya. Gedung itu dikenal dengan sebutan drum tower. Jalan disisinya kita sudah bisa melihat restauran dengan banner lambang masjid didalamnya, bernama oriental restauran. Klik DISINI untuk menuju lokasi via google maps.

Nampak Dalam restauran

Restauran ini menjual berbagai jenis makanan, mulai dari steak, chinnese food, sampai Indonesian friend rice. Saya memesan steak dan beberapa makanan. Harganya pun relatuf murah, sekitar 30-40 Yuan untuk satu orang.

Bapak Helmi Halim dari Malaysia sedang Memilih menu

Masalah rasa bukanlah hal utama. Makanan enak pastinya menumpuk di daerah Ningbo. Street food pun banyak yang menggugah selera. Tapi makanan-makanan itu tidak membuat saya merasa nyaman dan lega. Oriental Restauran seperti pelepas dahaga kami, sehingga sebelum memesan kami percaya diri bahwa makanan ini enak. Dan persepsi ini tidak berubah hingga makanan kami habis.

Alhamdullilah. Kenyang.

Alhamdulilah kami makan dengan kenyang. Semua makanan yang kami pesan dibayar penuh oleh rekan kami dari Malaysia, Bapak Helmi Halim. Beliau rasanya amat senang untuk menyantap makanan dengan lega. Halal merupakan makanan yang berharga untuk saat ini.

Disaat pulang kami menemukan beberapa orang muslim yang berjalan disekitar Drum Tower. Dugaan kami, wilayah ini yang dekat dengan Masjid Yuehu Ningbo, terdapat komunitas muslim di daerah sini. Walaupun jumlahnya mungkin tidak terlalu banyak, tetapi bisa terlihat apabila kita mengamati. Sederhananya, adanya restauran ini karena adanya komunitas muslim yang membutuhkan restauran halal.

Leave a Reply