Science & Technology

Statstika : Subjek yang Tidak Bisa Berdiri Sendiri

Statistika pada dasarnya tidak bisa berdiri sendiri, dalam banyak  kasus dalam dunia nyata statistika adalah alat bantu dalam menyelesaikan masalah riset dalam berbagai subjek. Inti masalahnya adalah ilmu lain namun statisika membantu dalam menyelesaikanya. Dalam artian, seorang statistisi semestinya adalah orang yang easy learner karena dituntut untuk dapat mengerti ilmu baru yang bisa jadi berbeda-beda dalam setiap masalah statistika yang dihadapi.

Pada umumnya output dalam masalah statistika adalah sebuah rekomendasi dari kesimpulan yang diambil dari data. Ketika inti masalah ini tidak bisa dipahami maka rekomendasi yang diberikan bisa jadi bias. Saya ambil sedikit contoh, seorang statistisi akan menyelesaikan masalah dalam dunia Industri. Industri dan statistika adalah hal yang sangat berbeda namun karena dalam Industri selalu ada data, maka statistika berperan dalam hal itu. Informasi yang diambil dalam data adalah informasi yang berkenaan dengan ilmu Industri, oleh karena itu dalam analisa, menarik kesimpulan, hingga memberikan rekomendasi seharusnya lah seorang statistisi harus mengerti setidaknya dasar ilmu Industri dan istilah yang berhubungan dengan masalah itu.

Sungguh beruntung kepada anda semua yang berkecimpung sebagai statistisi, karena anda akan belajar ilmu-ilmu baru dan diharuskan untuk mengerti hal-hal baru. Itu membuat perpustakaan ilmu anda semakin bertambah ketika menyelesaikan masalah statistik.

Leave a Reply