Science & Technology

Kita Tidak akan Bisa Menghindari Statistika

Bagi Sebagian besar orang menanggap statistika adalah ilmu yang memusingkan dan selalu menghindari untuk berurusan dengan hal yang barbau Statistika. Dalam cabang-cabang ilmu eksak atau non eksak, statistika selalu ada dalam rangkaian perkuliahan. Biasanya berada pada awal-awal semester karena semester-semester selanjutnya mahasiswa harus sudah terbiasa melakukan riset. Namun kebanyakan mahasiswa selalu ‘trauma’ dengan perkuliahan statistika yang biasanya hanya 3-4 SKS saja dan menghindari untuk melakukan analisa statistik.

Kemampuan analisa adalah salah satu karunia Tuhan yang diberikan kepada tiap-tiap manusia, tanpa anda sadari dalam kehidupan sehari-hari anda sudah terbiasa dengan statistika. Seperti “Pengeluaranku bulan ini melebihi rata-rata pengeluaranku tiap bulan”, atau “setiap bulan berat badanku naik 1 kg, kalau gak diet taun depan berat badanku bisa 70kg nih”. Hal-hal seperti itulah yang tidak anda sadari bahwa otak anda sudah menganalisa dan mengambil kesimpulan dari informasi yang anda tangkap.

Itulah sebabnya anda tidak pernah bisa menghindari statistika dari kehidupan sehari-hari. Karena Statistika ada karena adanya insting analisa yang dimiliki manusia tanpa terkecuali. Oleh karena itu, pada dasarnya semua manusia dapat mempelajari statistika dengan mudah, hanya saja sudut pandang statistika adalah  ilmu yang sulit masih tertanam diantara kita.

Leave a Reply