Other

Kenapa Ibu Kota Indonesia Harus Pindah

Apakah Ibu Kota Indonesia harus pindah? Saya adalah orang pertama yang menyatakan bahwa seratus persen diatas keyakinan sendiri Ibukota Indonesia harus pindah. Idealnya Ibukota Indonesia dapat berpindah ke Pulau Kalimantan. Saya akan memaparkan alasan mengapa Ibu Kota Indonesia harus pindah (Idealnya ke Kalimantan)

  1. Pulau Kalimantan adalah pulau teraman di Indonesia karena termasuk pulau yang minim terjadi gempa bahkan tsunami, lempengan rawan gempa hanya melewati Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Kita bisa bayangkan bila Jabodetabek  terjadi bencana besar maka Indonesia akan lumpuh kesuluran karena pusat ekonomi dan Ibukota berada disini
  2. Pulau Kalimantan berada di tengah-tengah Indonesia . Tidak terlalu timur ataupun terlalu Barat. Ibukota Indonesia Saat Ini, Jakarta, berada di bagian barat Indonesia. Akses dari Indonesia bagian Timur, khususnya Papua, sangat sulit.
  3. Kalimantan adalah daerah yang nyaman untuk menyusun suatu tatanan negara karena tidak ada masalah kota, hiruk-pikuk, kependudukan, lalulintas, dan masalah kota yang kompleks.
  4. Sebenarnya tidak perlu biaya melimpah untuk memindahkan ibukota. Diluar Infrastruktur Transportasi dan bangunan pemerintahan. Nampaknya kita tidak perlu melihat dibangunnya kolam renang, mall-mall besar, apartemen, atau hal kemewahan lainya.
  5. Perekonomian akan semakin merata karena pusat ekonomi dan motor pemerintah berada tersebar di Indonesia Timur dan Tengah. Bila bersungguh-sungguh siklus perekonomian tidak berputar dan terkumpul di Ibukota Jakarta.

Dan faktanya, ketika banyak pihak keberatan untuk memindahkan ibukota Indonesia, terutama wakil rakyat, adalah :

  1. Apakah para wakil rakyat mau berada jauh ratusan kilometer dari pusat bisnis Indonesia? Yang dapat menghasilkan banyak pundi-pundi uang dan jauh dari bisnis miliaran mereka?
  2. Apakah ada wakil rakyat mau meninggalkan kemewahan di Jakarta dan berpindah ke tempat baru tanpa hiburan dan Infrastruktur yang baik?
  3. Apakah ada wakil rakyat yang mau membawa anak istri berpindah di tempat baru. Dengan rumah dinas tanpa fasilitas mewah, sekolah negeri biasa, dan proyek-proyek panas?
  4. Apakah ada yang masih mau menjadi wakil rakyat bila ini semua terjadi?

Saya tidak bermaksud apa-apa hanya saja saya mengharapkan agar pembaca bisa membuka mata bahwa bisa jadi zona kenyamanan dan uanglah yang menjadi prioritas utama para petinggi tanpa melihat untung-rugi bagi sebuah negara.

Leave a Reply