Story

Kelas Pemograman Komputer

Hari Senin di bulan Agustus ini tidak semestinya kusam, yang kutahu sebelumnya haruslah berapi-api.  Setelah Metode Statistika baru saja dimulai beberapa hari yang lalu, hari ini adalah kelasnya Pemrograman Komputer yang bertempat di laboratorium komputer di lantai dua gedung ini. Aku memulai dengan duduk di bangku paling depan sebelah kiri dan menunggu kelas perdana dengan teman-temanku.

Wanita muda berjilbab datang ke ruangan ini lalu memperkenalkan diri. Diah namanya, Mahasiswa pasca sarjana statistika Unpad yang diproyeksikan menjadi dosen muda di jurusan kami. Umur kami yang hanya terpaut lima tahun membuat kami memanggilnya dengan nama Teh Diah tanpa kata Ibu.

“Hari ini dimulai dengan memperkenalkan asisten laboratorium ya”, Teh Diah mengundang empat orang mahasiswa kakak angkatan kami untuk memperkenalkan diri, mereka membantu kami dalam perkuliahan ini. Singkat sekali mereka memperkenalkan diri tanpa pidato ucapan selamat datang pada kami. Kami pun tidak ada hasrat untuk bertanya kepada mereka, nomor telefon atau hobi mereka tidaklah penting.

Setelah itu satu persatu kami memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, asal, dan hobi. Kami belum mengenal satu sama lain walau dalam SPL sering bertemu.

“Saya butuh ketua kelas, sama wakilnya ya. Satu laki-laki satu perempuan, biar kalau ada informasi kelas bisa cepat sampainya, ada yang mau jadi ketua?”, Teh Diah meneliti satu persatu mahasiswanya yang berinisiatif menjadi ketua.

Entah mengapa tanganku refleks mengacungkan diri, tanpa ada tepuk tangan karena ketua dari kelas ini telah terpilih aku maju ke depan kelas.

“Yang  jadi wakilnya siapa?”, kembali Teh Diah bertanya dan memutar bola matanya melihat satu per satu dari kami.

Perempuan cantik berkerudung putih mengacungkan tangan saat itu juga, kuyakini dia sama denganku tanpa punya alasan yang kuat untuk menjadi wakil ketua. Namanya Nabilla Rosada dari  salah satu sekolah Islam di Jakarta.

Sekarang kelas kami sudah lengkap. Ada mahasiswa, dosen, asisten laboratorium, ketua, dan wakil ketua kelas. Kami belajar perkenalan pemrograman komputer dan perkenalan pembuatan flow chart. Ada tugas kami berdua sebagai ketua dan wakil ketua, yaitu membuat blog silaturahmi. Setelah kelas selesai kemi turun bersama, ditemani teman Nabilla yang bernama Tita, untuk pergi ke warnet membuat blog. Disela-sela pembuatan blog kami bertukaran nomor telefon dan alamat friendster. Kami hanya membuat blog beberapa menit saja namun berbincang hampir separuhnya. Niscaya blog kami polos dan tidak ada artikel yang kami post. Apabila ada waktu kalian bisa mengunjungi blog kelas Pemrograman Komputer kami : www.kelaspemkom.blogspot.com

25 Agustus 2008

Leave a Reply